Rabu, 21 Januari 2015

MICROSOFT WORD 2007


MICROSOFT WORD 2007

Microsoft Word adalah program pengolah kata . Untuk urusan mengetik naskah,kebanyakan kita lebih menyukai  Microsoft Word, meskipun banyak aplikasi yang bisa digunakan, bahkan ada juga yang gratis. Mungkin karena program ini lebih praktis dan mudah digunakan.
     A.    Mengenal Menu dan Komponen pada Microsoft Word 2007
1.    Microsoft Office Button, merupakan sebuah tombol yang berisikan menu untuk membuat, menyimpan, mencetak, hingga menutup sebuah dokumen. Menu pada tombol Office Button pada MS – Word 2007 hampir mirip dengan menu file pada versi MS – Word sebelumnya.
2.    Quick Access Toolbar, merupakan kolom berisikan ikon-ikon tombol pintas (shortcut) untuk perintah-perintah yang sering digunakan.
3.    Tittle Bar,berisikan nama dokumen.
4.    Ribbon, berisikan berbagai tombol perintah yang sesuai dengan katagorinya masing-masing .
5.    Vertikal Scroll Bar dan Horizontal Scroll Bar, berguna untuk menggeser kertas kerja keatas maupun ke bawah.
6.     Document Area, merupakan kertas kerja yang akan digunakan dalam pengolah kata Microsoft Word 2007.
7.    Ruller (penggaris) Horizontal, digunakan sebagai penanda posisi lebar kertas serta dapat digunakan untuk mengatur identasi, tab stop,margin kiri,maupun margin kanan.
8.    Ruller (penggaris) Vertical, digunakan sebagai penanda posisi tinggi kertas serta dapat digunakan untuk mengatur margin atas maupun margin bawah
9.    Help, merupakan tombol untuk mnengaktifkan fasilitas bantuan untuk menyelesikan permasalahan pada Microsoft Word 2007.
10.   Slider Zoom, digunakan untuk mengatur besar – kecilnya tampilan dokumen.
         B.    Fungsi Menu dan Komponen pada Microsoft Word 2007
1.    Microsoft Office Button
Merupakan sebuah menu yang apabila diklik akan menampilkan daftar beberapa item menu yang berhubungan dengan pengolahan dokumen.
antara lainnya adalah :
v  New : berfungsi untuk membuat dokumen baru.
v  Open : berfungsi untuk membuka dokumen yang telah disimpan.
v  Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.
v  Save As : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
v  Print : digunakan untuk mencetak dokumen.
v  Send : berfungsi untuk mengirimkan dokumen melalui internet maupun fax.
v  Publish : digunakan untuk mengatur proses publikasi dokumen.
v  Close : berfungsi untuk menutup dokumen.

2.    Quick Access Toolbar
        Quick Access Toolbar merupakan fitur baru pada Microsoft Office 2007 yang berisikan kumpulan ikon – ikon perintah yang relative sering digunakan.
Quick Access Toolbar memiliki ikon-ikon tombol perintah standar sebagai berikut :
v  Save : digunakan untuk menyimpan dokumen yang telah dikerjakan (perintah ini juga dapat ditemukan pada Microsoft Office Button).
v  Undo : berfungsi untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan.
v  Repeat : digunakan untuk mengulang perintah terakhir.
v  Print : berfungsi untuk mencetak dokumen (print out) secara cepat (perintah ini juga dapat ditemukan pada Microsoft Office Button).

3.    Ribbon
     Adapun tampilan Ribbon pada Ms. Word 2007 terdiri dari beberapa bagian berikut ini :
v  Tab : merupakan bagian yang berisikan nama-nama kategori Ribbon dengan pengelompokan berdasarkan kategori fungsi maupun jenis perintah dalam melakukan pekerjaan.
v  Group Bar : sebuah tampilan berupa balok yang menunjukan nama setiap bagian kelompok (group).
v  Command Button adalah tombol perintah dengan yang disimbolkan dengan ikon-ikon untuk mengaktifkan tugas tertentu. Terdapat dua bentuk Command Button, yaitu yang berupa tombol ikon biasa dan drop – drown (tombol ikon yang berisikan daftar item pilihan perintah).
Ribbon pada Microsoft Word 2007 terdiri dari beberapa tab yang terbagi berdasarkan fungsi dan jenis aktivitanya, sbb :
a.    Tab Home
Berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan untuk tugas pengeditan dasar. Di dalam Tab Home terdapat tiga grup Bar yang terdiri dari grup Clipboard, grup Font, dan grup Paragraph.
1.    Grup Clipboard
ü  Cut
ü  Copy
ü  Painter
ü  Paste
2.    Grup Font
ü  Font
ü  Font Size
ü  Grow Font
ü  Shrink Font
3.    Grup Paragraph
ü  Alignment Left
ü  Centered
ü  Alignment Right
ü  Justify
b.    Tab Insert
Sesuai dengan namanya, tab ini berisikan tombol-tombol perintah untuk menambahkan (menyisipkan) objek-objek tertentu kedalam sebuah dokumen, seperti halaman. Table, gambar, header, footer, dan lain-lain.
ü  Cover Page
ü  Blank Page
ü  Page Break
ü  Table
ü  Picture
c.    Tab  Page Layout
Di dalam Tab Page Layout terdapat lima grup yang terdiri dari, Grup Themes, Grup Page Setup, Grup Page Background, Grup Paragraph, dan Grup Arrange.
ü  Themes
ü  Margins
ü  Orientation
ü  Size
d.    Tab Reference
Merupakan tab yang berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan untuk membuat referensi, seperti : daftar isi, catatan kaki, indeks, dan lain-lain.
ü  Table of content
ü  Insert footnote
ü  Insert Citation
ü  Bibiolography
ü  Insert index
e.    Tab Mailing
Tab mailing berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan dalam pembuatan dokumen yang berhubungan (terkait) dengan dokumen lain.
f.     Tab Review
Tab Review berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan melakukan pemeriksaan terhadap dokomen.
g.    Tab View
Merupakan Tab yang bertugas mengatur tampilan dokumen pada layar monitor sehingga memudahkan pengguna untuk memeriksa hasil pekerjaan.
h.    Dialog Box Launchers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar