MICROSOFT WORD 2007
Microsoft
Word adalah program pengolah kata . Untuk urusan mengetik naskah,kebanyakan
kita lebih menyukai Microsoft Word,
meskipun banyak aplikasi yang bisa digunakan, bahkan ada juga yang gratis.
Mungkin karena program ini lebih praktis dan mudah digunakan.
A. Mengenal Menu dan Komponen pada
Microsoft Word 2007
1.
Microsoft
Office Button, merupakan sebuah tombol yang berisikan menu untuk membuat,
menyimpan, mencetak, hingga menutup sebuah dokumen. Menu pada tombol Office
Button pada MS – Word 2007 hampir mirip dengan menu file pada versi MS – Word
sebelumnya.
2.
Quick
Access Toolbar, merupakan kolom berisikan ikon-ikon tombol pintas (shortcut)
untuk perintah-perintah yang sering digunakan.
3.
Tittle
Bar,berisikan nama dokumen.
4.
Ribbon,
berisikan berbagai tombol perintah yang sesuai dengan katagorinya masing-masing
.
5.
Vertikal
Scroll Bar dan Horizontal Scroll Bar, berguna untuk menggeser kertas kerja
keatas maupun ke bawah.
6.
Document Area, merupakan kertas kerja yang
akan digunakan dalam pengolah kata Microsoft Word 2007.
7.
Ruller
(penggaris) Horizontal, digunakan sebagai penanda posisi lebar kertas serta
dapat digunakan untuk mengatur identasi, tab stop,margin kiri,maupun margin
kanan.
8.
Ruller
(penggaris) Vertical, digunakan sebagai penanda posisi tinggi kertas serta
dapat digunakan untuk mengatur margin atas maupun margin bawah
9.
Help,
merupakan tombol untuk mnengaktifkan fasilitas bantuan untuk menyelesikan
permasalahan pada Microsoft Word 2007.
10. Slider Zoom, digunakan untuk mengatur besar –
kecilnya tampilan dokumen.
B. Fungsi Menu dan Komponen pada
Microsoft Word 2007
1.
Microsoft
Office Button
Merupakan
sebuah menu yang apabila diklik akan menampilkan daftar beberapa item menu yang
berhubungan dengan pengolahan dokumen.
antara
lainnya adalah :
v
New
: berfungsi untuk membuat dokumen baru.
v
Open
: berfungsi untuk membuka dokumen yang telah disimpan.
v
Save
: berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sudah dikerjakan atau sedang
dikerjakan.
v
Save
As : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sudah dikerjakan atau sedang
dikerjakan dengan nama file baru.
v
Print
: digunakan untuk mencetak dokumen.
v
Send
: berfungsi untuk mengirimkan dokumen melalui internet maupun fax.
v
Publish
: digunakan untuk mengatur proses publikasi dokumen.
v
Close
: berfungsi untuk menutup dokumen.
2.
Quick
Access Toolbar
Quick Access Toolbar merupakan fitur
baru pada Microsoft Office 2007 yang berisikan kumpulan ikon – ikon perintah
yang relative sering digunakan.
Quick
Access Toolbar memiliki ikon-ikon tombol perintah standar sebagai berikut :
v
Save
: digunakan untuk menyimpan dokumen yang telah dikerjakan (perintah ini juga
dapat ditemukan pada Microsoft Office Button).
v
Undo
: berfungsi untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan.
v
Repeat
: digunakan untuk mengulang perintah terakhir.
v
Print
: berfungsi untuk mencetak dokumen (print out) secara cepat (perintah ini juga
dapat ditemukan pada Microsoft Office Button).
3.
Ribbon
Adapun tampilan Ribbon pada Ms. Word 2007
terdiri dari beberapa bagian berikut ini :
v
Tab
: merupakan bagian yang berisikan nama-nama kategori Ribbon dengan
pengelompokan berdasarkan kategori fungsi maupun jenis perintah dalam melakukan
pekerjaan.
v
Group
Bar : sebuah tampilan berupa balok yang menunjukan nama setiap bagian kelompok
(group).
v
Command
Button adalah tombol perintah dengan yang disimbolkan dengan ikon-ikon untuk
mengaktifkan tugas tertentu. Terdapat dua bentuk Command Button, yaitu yang
berupa tombol ikon biasa dan drop – drown (tombol ikon yang berisikan daftar
item pilihan perintah).
Ribbon
pada Microsoft Word 2007 terdiri dari beberapa tab yang terbagi berdasarkan
fungsi dan jenis aktivitanya, sbb :
a.
Tab
Home
Berisikan
tombol-tombol perintah yang digunakan untuk tugas pengeditan dasar. Di dalam
Tab Home terdapat tiga grup Bar yang terdiri dari grup Clipboard, grup Font,
dan grup Paragraph.
1.
Grup
Clipboard
ü
Cut
ü
Copy
ü
Painter
ü
Paste
2.
Grup
Font
ü
Font
ü
Font
Size
ü
Grow
Font
ü
Shrink
Font
3.
Grup
Paragraph
ü
Alignment
Left
ü
Centered
ü
Alignment
Right
ü
Justify
b.
Tab
Insert
Sesuai
dengan namanya, tab ini berisikan tombol-tombol perintah untuk menambahkan
(menyisipkan) objek-objek tertentu kedalam sebuah dokumen, seperti halaman.
Table, gambar, header, footer, dan lain-lain.
ü
Cover
Page
ü
Blank
Page
ü
Page
Break
ü
Table
ü
Picture
c.
Tab Page Layout
Di dalam
Tab Page Layout terdapat lima grup yang terdiri dari, Grup Themes, Grup Page
Setup, Grup Page Background, Grup Paragraph, dan Grup Arrange.
ü
Themes
ü
Margins
ü
Orientation
ü
Size
d.
Tab
Reference
Merupakan
tab yang berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan untuk membuat
referensi, seperti : daftar isi, catatan kaki, indeks, dan lain-lain.
ü
Table
of content
ü
Insert
footnote
ü
Insert
Citation
ü
Bibiolography
ü
Insert
index
e.
Tab
Mailing
Tab
mailing berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan dalam pembuatan dokumen
yang berhubungan (terkait) dengan dokumen lain.
f.
Tab
Review
Tab
Review berisikan tombol-tombol perintah yang digunakan melakukan pemeriksaan
terhadap dokomen.
g.
Tab
View
Merupakan
Tab yang bertugas mengatur tampilan dokumen pada layar monitor sehingga
memudahkan pengguna untuk memeriksa hasil pekerjaan.
h.
Dialog
Box Launchers
Tidak ada komentar:
Posting Komentar